Senin, 04 Januari 2016

makanan sehat untuk penyakit asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian pernapasan. Penyakit ini terjadi ketika saluran udara mengalami penyempitan yang menyebabkan penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas, napas yang pendek, tersengal-sengal dan disertai dengan dada yang sesak dan sedikit nyeri.




Namun tahukah Anda selain menghindari cara tersebut terdapat cara lainnya yaitu dengan cara rajin berolahraga, dan juga mengkonsumsi makanan tertentu. Pada pembahasan kali ini membahas makanan sehat bagi penderita penyakit asma. Bagi Anda yang ingin mengetahui langsung saja simak pembahasan berikut ini!

Makanan Untuk Penderita Asma
  1. Alpukat
    Buah yang kaya akan antioksidan ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas yang ada di udara dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh. Namun tahukah Anda bahwa buah alpukat ini juga baik untuk penderita asma? Buah alpukat memang baik untuk penderita asma, ini dikarenakan didalam buah asma terdapat kandungan L-glutathione yang dapat mencegah terjadinya asma bagi penderitanya.
  2. Bayam
    Sayur bayam menjadi makanan sehat bagi penderita asam berikutnya. Sayuran yang terkenal dengan kandungan zat besinya ini mengurangi resiko kambuhnya asma dengan cara dikonsumsi. Zat inilah yang terkandung dalam bayam, sehingga memungkinkan bayam untuk mencegah kembali kambuhnya asma pada tubuh. Para peneliti mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 400 mg magnesium setiap harinya dapat mengurangi gejala asma.
  3. Makanan Kaya Omega-3
    Ikan salmon yang kaya akan omega-3 dapat menjadi pilihan Anda bagi para penderita asma. Salah satu manfaat dari omega-3 ini adalah mampu meningkatkan kinerja dari paru-paru, sehingga sangat cocok sekali untuk penderita asma. Sumber omega-3 selain ikan salmon seperti ikan tuna, walnut, mackerel, dan sumber makanan lainnya.
  4. Pisang
    Buah pisang yang enak dan bisa disantap langsung maupun sebagai campuran sup buah ini ternyata juga bermanfaat dalam mencegah asma. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Imperial College London, ditemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya dapat mengurangi risiko terserang penyakit asma, yakni seperti mengi hingga 34 %.
  5. Kubis
    Sayuran berwarna putih yang sering ditemukan di sayur sop atau campuran capcay ini ternyata juga bermanfaat dalam mengusir asma. Kubis merupakan sumber vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas dalam proses kontraksi otot polos pada saluran napas dalam. Selain itu, fitokimio beta-karoten yang dikandungnya juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah dan mengurangi gejala penyakit asma.
  6. Jahe
    Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa jahe mampu mencegah asma kambuh kembali. Jahe memang baik untuk mencegah flu atau demam, mengingat salah satu fungsinya untuk menghangatkan tubuh. Selain itu ternyata khasiat dari jahe ini mampu membersihkan saluran udara pernapasan serta mencegah peradangan. Bagi Anda para penderita asma dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat atau juga sudah dicampurkan dengan makanan seperti roti jahe.
  7. Kunyit
    Akar rimpang yang berwarna kuning ini berfungsi dalam mencegah pembengkakan paru-paru dan konstriksi saluran napas saat terjadi serangan asma. Fungsinya melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot membuat kunyit dijadikan obat alami pencegah kambuhnya asma. Kunyit bisa dijadikan minuman dengan direbus bersama air dan sedikit gula merah supaya tidak terlalu pahit.
  8. Brokoli
    Sayuran hijau yang baik juga untuk kesehatan jantung yang satu ini ampuh dalam mencegah asma kambuh pada anak. Sebuah penelitian yang diungkapkan oleh sebuah sekolah kesehatan di Amerika Serikat yaitu UCLA’s David Geffen School of Medicine oleh Dr Marck Riedl menyatakan bahwa kandungan brokoli seperti kadar enzim yang mengandung antioksidan mampu meningkatkan saluran pernapasan. Antioksidan inilah yang bisa melindungi dari radikal bebas di udara.
  9. Apel
    Buah berwarna merah mengkilat yang mengandung quersetin mampu memberikan perlindungan yang kuat terhadap asma. Studi di Eropa menyatakan bahwa wanita hamil yang makan 4 apel per minggunya dapat menurunkan resiko melahirkan anak asma sampai 53 persen. Bahkan anak yang minum jus apel memiliki risiko 50 persen lebih kecil untuk terjangkit asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar